Ristek Headline |
Kamis 02 Juli 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 30 Juni 2015
Pelantikan Dirjen Kemenristekdikti

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 11 Februari 2010
Menristek di Stasiun Uji ISRA-LIPI Anyer
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam rangka realisasi Program 100 Hari Kementerian Riset dan Teknologi Kabinet Indonesia Bersatu II, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam hal ini Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (P2ET) LIPI membuat radar pengawas pantai atau Indonesian Sea Radar (ISRA). ISRA adalah radar pertama buatan Indonesia. ISRA sendiri telah di launching pada HUT LIPI ke-42 pada bulan Agustus 2009 yang lalu.


Bertempat di Lapangan Stasiun Uji Indonesian Sea Radar (ISRA) di Desa Cikoneng, Anyer, Banten, pada Rabu, 10 Februari 2010, Menteri Riset dan Teknologi. Suharna Surapranata melakukan kunjungan  untuk melihat pengoperasian ISRA.

Kepala LIPI, Umar Anggara Jenie dalam sambutannya mengatakan pembuatan ISRA dilatar belakangi oleh keprihatinan mengenai minimnya radar pantai yang ada di Indonesia. ISRA merupakan radar pengawas pergerakan kapal-kapal laut guna mencegah adanya kemungkinan tindakan-tindakan yang merugikan NKRI dan juga mencegah terjadinya kecelakaan laut. Radar ini termasuk kategori quiet radar yang tidak mengganggu sistem radar lain di sekitarnya, serta tidak terdeteksi radar scanner oleh pihak militer. Pemasangan ISRA di menara mercu suar Pantai Anyer dikarenakan lokasi ini berdekatan dengan Selat Sunda yang cukup ramai lalu-lintas kapalnya, ujarnya.

Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata dalam sambutan pengarahannya mengatakan negara ini membutuhkan 800 radar untuk mampu mengawasi seluruh perairan Indonesia, yang bila dikalkulasi senilai lebih kurang Rp 2 triliun.

Kementerian Ristek dan Kementerian Perhubungan serta Kementerian Ristek dan Kementerian Pertahanan telah membangun sinergi yang tidak lepas dari political will Pemerintah. Selama produk-produk bisa dibuat di dalam negeri, diharapkan kita dapat memakai produk-produk yang di buat di dalam negeri, dimana Radar ISRA adalah produk yang bisa berkompetisi dari segi harga. Diharapkan  antara lembaga yang satu dengan yang lain harus ada saling sinergi atau kerjasama yang baik agar memiliki kekuatan yang besar dan akan menjadikan kita mandiri dalam mengawasi seluruh perairan negara ini, serta mampu menghasilkan produk-produk kebanggaan negeri sendiri, ujar Menristek.

Hadir pada acara tersebut Kepala LIPI, Umar Anggara Jenie; wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susamtono; Anggota Komisi VII DPR-RI, Zulkiflimansyah; Kepala Bakorkamla, Budhi Hardjo;   Deputi LAPAN; jajaran Muspida Propinsi Banten; serta jajaran pimpinan LIPI dan para peniliti LIPI.

Acara diakhiri dengan peninjauan ke arena pameran, yang menampilkan beberapa hasil penelitian dan rancang bangun LIPI, antara lain Motor Robot (Moro) LIPI, Pintu kereta otomatis, Electric Fuel Treatment (EFT), alat pengusir burung untuk bandara, fuel cell, dan bahan cat yang digunakan sebagai “marka jalan”. (humasristek/ww)

[Galeri Foto]



Rabu 01 Juli 2015
Pelantikan Dirjen di Kemenristekdikti
Rabu 17 Juni 2015
Sosialisasi Inkubasi Bisnis Teknologi di Yogyakarta
Selasa 16 Juni 2015
Kesepahaman antara Kemenristekdikti, KemenLHK, dan Kemendikbud
Selasa 16 Juni 2015
Sosialisasi Inkubasi Teknologi di Politeknik Negeri Jember
Senin 15 Juni 2015
Integrasi Sistem Pendidikan dan Sertifikasi Berbasis KKNI
Senin 15 Juni 2015
Menristekdikti Resmikan IHRI
Senin 15 Juni 2015
Menristekdikti Lantik Pejabat Eselon I Kemenristekdikti
Minggu 14 Juni 2015
Menristekdikti Hadiri Diskusi Interaktif di Undana
Sabtu 13 Juni 2015
UMP Akan Menjadi Pusat Unggul Kelapa Kopyor
Sabtu 13 Juni 2015
Wapres RI Buka ISES 2015
[ Berita lainnya ]