Ristek Headline |
Sabtu 19 April 2014
 
 
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 11 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 03 Juli 2012
Kemenristek Dukung Pembangunan BATAM TECHNO PARK Untuk Inovasi Teknologi BATAM
Print PDF Facebook Twitter Email

Kawasan Industri Pulau Batam merupakan kawasan industri strategis karena letaknya yang berdekatan dengan Singapura dan banyak ditempati industri-industri multinasional. Ini merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dan lembaga penelitian khususnya yang ada di Pulau Jawa (seperti ITB, BPPT, LIPI, dan lain-lain) untuk mengimpelementasikan hasil-hasil penelitian.

Dilihat dari jumlah industri dan jenis inventasinya, industri di Batam seharusnya dikategorikan sebagai industri dengan added value technology tinggi. Kenyataannya industri di Batam tidak lebih hanya sebagai industri perakitan yang sekedar menciptakan tenaga kerja dengan nilai tambah teknologi yang sangat rendah.

Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai badan pengelola kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, diharapkan mulai memikirkan bagaimana menarik investor asing yang dapat memberikan nilai tambah teknologi yang lebih tinggi serta bisa mensinergikan dengan riset, pengembangan dan pengkajian teknologi yang ada di Indonesia.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan membangun sarana yang disebut dengan Technopark (Batam Techno Park). Terhadap konsep pembangunan Batam Techno Park ini, Kementerian Riset dan Teknologi akan sangat mendukung dan memfasilitasinya.

Dalam rangka memfasilitasi terbentuknya Batam Techno Park, Kementerian Riset dan Teknologi melalui Asisten Deputi Jaringan Penyedia dengan Penguna menyelenggarakan “Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Batam Techno Park Untuk Mendukung Industri Berbasis Inovasi Teknologi Di Batam” yang bertempat di Gedung IT Center BP Batam. FGD ini dihadiri oleh kurang lebih 40 orang peserta dari berbagai unsur yang meliputi unsur akademisi seperti dari Politeknik Batam, unsur bisnis seperti KADIN Batam dan beberapa perwakilan industri, dan unsur pemerintah seperti dari Dinas Kominfo Batam, dan sebagainya.

Deputi Bidang Pelayanan Jasa BP Batam, Fitrah Kamaruddin, dalam sambutan pembukaan  FGD ini menyatakan bahwa pembentukan Batam Techno Park sebagai salah satu center of excellent sangat diperlukan untuk mendorong terciptanya link atau interaksi antara peneliti dengan industri di Batam.

Hal senada juga dikemukakan oleh Deputi Relevansi dan Produktifitas Iptek Kementerian Riset dan Teknologi, Teguh Rahardjo. “Pembangunan Batam Techno Park diharapkan selain untuk membentuk jejaring interaksi antara industri dengan peneliti juga dapat meningkatkan value added industri dan pendapat asli daerah (PAD),” ujar Teguh.

Kementerian Riset dan Teknologi juga memiliki beberapa program seperti program percepatan difusi teknologi, program insentif, program capacity building seperti beasiswa dan training, dan program inkubasi teknologi yang dapat mendorong pembangunan Batam Techno Park, demikian disampaikan Teguh.

Dalam sesi diskusi panel, dihadirikan 4 orang pembicara yaitu Tri Novianta Putra yang mewakili BP Batam, Wisnu S Soenarso yang mewakili Kementerian Riset dan Teknologi, Jangkung Raharjo yang merupakan Direktur Bandung Techno Park, dan Daniel Harjanto yang merupakan Technical Director PT. Kinema Systrans Multimedia.
Tri Novianta menyampaikan road map dan stategi pengembangan Batam kedepan serta memaparkan perihal program-program yang akan dikembangkan untuk Batam Techno Park. Sementara itu, Wisnu S Soenarso, memaparkan Peran Science &Technology Park (STP) dalam Mendorong Sinergi A-B-G untuk Mendukung Peningkatan Ekonomi Berbasis Inovasi. Dalam presentasinya, Wisnu juga menguraikan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi untuk mendorong terbentuknya Batam Techno Park.    

FGD yang juga menghadirkan Direktur Bandung Techno Park, Jangkung Raharjo, diharapkan menjadi motivasi bagi BP Batam untuk mewujudkan Batam Techno Park. Dalam kesempatan ini, Jangkung menjelaskan peran Bandung Techno Park dalam mendukung inovasi teknologi di bidang ICT. Di sesi terakhir diskusi panel, Daniel Harjanto dari PT. Kinema Systrans Multimedia menyampaikan perihal potensi, tantangan, dan permasalahan Industri Multimedia, Film dan Animasi di Batam.

Sebagai pelaku bisnis, Daniel mengharapkan dukungan dari Pemerintah untuk mengembangkan industri multimedia di Batam. Sinergi antara Pemerintah, Pelaku Bisnis, dan Akademisi diakui Daniel sebagai hal yang mutlak dilakukan dalam pembangunan Batam Techno Park.

Dalam sesi tanya jawab, seluruh peserta dari berbagai unsur seperti unsur pemeritah, industri, dan akademisi sangat antusias dan mendukung sepenuhnya pembangunan Batam Techno Park. Bahkan peserta dari Politeknik Batam sangat berharap Batam Techno Park menjadi bagian dari Politeknik Batam karena sumber daya manusia dan prasarana sudah tersedia di Politeknik Batam. Dengan dukungan berbagai pihak, diharapkan pembangunan Batam Techno Park dapat segera terwujud. (ad2/dep3/humasristek)



Rabu 16 April 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Rabu 16 April 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Senin 14 April 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Selasa 08 April 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Selasa 08 April 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Senin 07 April 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Senin 07 April 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Senin 07 April 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Kamis 03 April 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Kamis 03 April 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]