Ristek Headline |
Kamis 23 Oktober 2014
 
 

IQE

Seleksi Calon Kepala LIPI
CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Kamis 16 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 12 Juli 2012
BUMN tertarik dalam Pengembangan Sorgum untuk mendukung Ketahanan Pangan
Print PDF Facebook Twitter Email

Sorgum tanaman berasal afrika dikenal memiliki sejumlah keunggulan antara lain tahan terhadap kekeringan, tahan terhadap hama penyakit, mudah dibudidayakan dan setelah dipanen menghasilkan biji sorgum yang dapat dimanfaatkan untuk pangan atau pakan serta batangnya untuk pakan, gula atau bioetanol. Riset untuk pengembangan sorgum sudah dilakukan oleh sejumlah lembaga litbang dalam negeri antara lain Balitbang kementerian Pertanian, BPPT, LIPI, BATAN, IPB, UNILA, UNPAD, UNHAS dan telah menghasilkan beberapa varietas unggul sorgum dan teknologi pengolahan sorgum menjadi aneka produk pangan, pakan, dan bioetanol. Tanaman sorgum juga cocok untuk lahan suboptimal yang masih banyak tersebar di Indonesia. Namun sangat disayangkan, produksi sorgum di Indonesia masih terbatas karena produktivitas sorgum yang masih rendah (karena mayoritas petani belum menggunakan varietas unggul), belum berkembangnya industri pascapanen dan pengolahan sorgum yang mengolah biji dan batang sorgum menjadi produk pangan, pakan dll serta belum berkembangnya permintaan/pasar  biji sorgum atau tepung sorgum sebagai bahan pangan karena bertumpu  pada beras.

Melihat potensi yang besar pada sorgum, kementerian BUMN bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi mengadakan diskusi pengembangan sorgum oleh BUMN pada Selasa, 10 Juli 2012 di ruang rapat lantai 24 Gedung BPPT 2 Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti M. Hatta. Diskusi melibatkan 53 peserta yang mewakili unsur akademisi, pebisnis dan pemerintah : antara lain  peneliti dari sejumlah Perguruan Tinggi, Balitbang Kementerian Pertanian, PT Riset Perkebunan Nusantara, BPPT, LIPI, BATAN serta BUMN perkebunan dan kehutanan.

Dalam sambutannya, Menteri Negara BUMN menyampaikan rencana Kementerian BUMN mengembangkan sorgum pada lahan seluas 15000 Ha diempat lokasi (Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sumba dan Banyuwangi) dan meminta pendapat para peneliti sorgum tentang gagasan dan kelayakan pengembangan sorgum khususnya di 4 lokasi tersebut.

Diskusi yang dipandu bergantian oleh Deputi Meneg BUMN bidang Industri Primer, M Zamkhani, Deputi pendayagunaan Iptek, Idwan Suhardi dan Deputi Kelembagaan Iptek, Benyamin Lakitan, berhasil menjaring pendapat peserta diskusi yang pada intinya semua  peserta mendukung pengembangan sorgum oleh BUMN dan layak dikembangkan berlandaskan pada hasil penelitian yang telah dilakukan.  Diskusi menyepakati bahwa rencana pengembangan sorgum harus dimulai dengan menghitung kebutuhan di hilir yaitu untuk  pangan atau pakan, kemudian disusun kebutuhan pabrik pengolahan sorgum,  kebutuhan benih dan sarana produksi. Draft rencana pengembangan sorgum  akan disusun lebih rinci oleh Ali Rahman dari Kementerian BUMN berkonsultasi dengan ahli sorgum dari berbagai lembaga litbang  yang  kemudian dipresentasikan pada rapat mendatang.

Dalam diskusi, Benyamin lakitan mengingatkan agar  pengembangan sorgum dilakukan secara tepat dan proporsional sehingga layak secara teknis, ekonomi dan sosial sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti pada saat mengembangkan jarak pagar sebagai biodiesel. Diskusi yang ditutupi oleh Deputi Pendayagunaan Iptek, Idwan Suhardi dihadiri pula oleh Staf Khusus Menristek, Gusti Nurfansyah dan Zulkifli Halim, beberapa asdep dan wakil dari deputi Kemenristek. (ad3-dep1/ humasristek)



Senin 20 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia
Kamis 16 Oktober 2014
Rapat Kerja PP-IPTEK 2014: Peran Strategis PP-IPTEK Dalam Mewujudkan SDM Iptek yang Berdaya Saing
Kamis 16 Oktober 2014
RISET-PRO Targetkan Cetak Doktor Handal
Kamis 16 Oktober 2014
Workshop Inkubasi Bisnis Teknologi
Rabu 15 Oktober 2014
Peluncuran Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019
Selasa 14 Oktober 2014
Kotabaru Dicanangkan sebagai Kawasan PKN
Senin 13 Oktober 2014
Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengembangan Sel Punca dan Jaringan
Senin 13 Oktober 2014
PP-IPTEK Adakan Kontes Robot 2014
Senin 13 Oktober 2014
Soft Launching SIDa di Kabupaten Karanganyar
Jumat 10 Oktober 2014
Menristek Hadiri Rapat Pembina Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU)
[ Berita lainnya ]