Ristek Headline |
Jumat 30 Januari 2015
 
 

Ristek TV
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 27 Januari 2015
Ristekdikti Dukung Pelatihan Pertanian di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Kamis 19 Juli 2012
Sidang Terbuka Doktor Karyasiswa Kemenristek Di IPB
Print PDF Facebook Twitter Email

Euis Hermiati, karyasiswa Program Beasiswa Pascasarjana Kementerian Riset dan Teknologi angkatan tahun 2008 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mempertahankan disertasi pada Sidang Terbuka pada hari Jumat, 29 Februari 2012, setelah menempuh Pendidikan doktoral (S3) pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

 

Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Rekayasa hidrolis ampas tapioka menggunakan pemanasan gelombang mikro untuk produksi etanol”, bertempat di Ruang sidang Senat Gd. Andi Hakim Nasoetion Lt. 6 Kampus IPB Darmaga. Dalam sidang terbuka tersebut dihadiri oleh Dewan Penguji Ujian yang terdiri dari Djumali Mangunwijaya (Ketua Sidang), Titi Candra Sunarti (Anggota), Ono Suparno (Anggota), Bambang Prasetya (Anggota), selain itu adapun penguji luar komisi yakni Meika S selaku staf pengajar Departemen Teknologi Industri Pertanian Fateta IPB dan Koesnandar selaku Asisten Deputi BPPT Bidang Teknologi Agoindustri dan Bioteknologi.

 

Euis Hermiati menyampaikan hasil penelitiannya bahwa ampas tapioka merupakan salah satu bahan yang potensial sebagai bahan baku etanol karena kadungan karbohidrat yang tinggi, terutama patinya. Proses hidrolis ampas tapioka menggunakan iradiasi gelombang mikro dalam medium air belum dapat menghasilkan rendemen glukosa yang diharapkan, sedangkan dalam medium asam dapat diperoleh rendemen dan konsentrasi glukosa yang tinggi untuk fermentasi etanol. Kemudian untuk penambahan karbon aktif dengan sifat adsorpsi yang baik pada saat atau sesudah hidrolis dapat meningkatkan produktivitas etanol karena teradsorpsinya senyawa inhibitor fermentasi seperti furtural dan HMF di permukaan karbon aktif. Karbon aktif juga dapat mengadsopsi maltooligomer dan glukosa yang terdapat di dalam hidrolisat, namun diduga glukosa yang teradsopsi dapat tetap difermentasi oleh Saccharomyces cerevisae. Dan untuk Hidrolis menggunakan pemanasan gelombang mikkro dan penambahan karbon aktif yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode hidrolis ampas tapioka menjadi glukosa yang selanjtnya digunakan untuk produksi etanol, dengan hasil yang setara atau lebih baik dari metode lain yang telah diteliti.

 

Pada sidang terbuka tersebut Euis Hermiati dapat menjawab dengan sangat baik dari beberapa pertanyaan yang diberikan oleh para penguji dan Tika Mustika pun menjadi karyasiswa Program Gelar Kemenristek ke - 22 yang berhasil meraih gelar doktor. Selamat! (ck, ad2-dep2/ humasristek)



Selasa 27 Januari 2015
Ristekdikti Dukung Pelatihan Pertanian di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta
Jumat 23 Januari 2015
Peluncuran Gerakan Bugar dengan Jamu
Senin 19 Januari 2015
Penandatanganan Nota Kesepahaman Penegerian Universitas Andi Djemma
Sabtu 17 Januari 2015
Kunjungan Menristekdikti ke Politeknik Negeri Jember
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
Sabtu 17 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Jember
Jumat 16 Januari 2015
Menristekdikti Terima Audiensi Walikota Tangsel tentang Penyelenggaraan TGIF 2016
Kamis 15 Januari 2015
Menristekdikti Luncurkan SNMPTN 2015
Rabu 14 Januari 2015
Menristekdikti Hadiri Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil Ketua MK
Jumat 09 Januari 2015
Menristekdikti Kunjungi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman
[ Berita lainnya ]