Ristek Headline |
Rabu 03 September 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 31 Juli 2012
Penyusunan Blueprint Riset dan Pengembangan Produk Alat Peralatan Pertahanan
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam rangka penyusunan Blueprit Riset dan Pengembangan Produk Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan yang merupakan amanah dari  Komite Kebijakan Industri Pertahanan. sejalan dengan hal ini Blueprint tersebut akan dibawa dalam Sidang Pleno KKIP pada tanggal 29 Agustus 2012 yang selanjutnya akan diserahkan kepada Presiden pada tanggal 30 Agustus 2012. 

 

Pada Kesempatan ini, Ketua Komisi I KKIP Bidang kebijakan, Eddy S Siradj memaparkan tentang Blueprint Riset dan Pengembangan Alat Pertahanan dan Keamanan.

 

Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek), Gusti Muhammad Hatta mengapresiasi atas terwujudnya perumusan/konsep Blueprint ini. “Perlu menjadikan pemahaman bersama bhawa dalam konteks peneliti, peneliti disibukkan oleh dunianya masing-masing, sementara industri perlu cepat menghasilkan produk. Untuk itu harus dipikirkan perlunya jalan pintas agar riset yang kita lakukan tidak ketinggalan”, ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Menegristek mengatakan, perlu dipedomani bahwa tugas Ristek terkait dengan 7 bidang fokus yaitu pertama, Bidang fokus ketahanan pangan; kedua, Bidang fokus kesehatan dan obat; ketiga Bidang fokus teknologi dan manajemen transportasi; keempat, Bidang fokus teknologi Informasi dan Komunikasi; kelima, Bidang fokus industri pertahanan dan keamanan; keenam, Bidang fokus energi, dan ketujuh, Bidang fokus material maju. 

 

“Terkait dengan Blueprint perlu dipikirkan bersama, penyiapan Undang-Undang yang sifatnya mengingat agar mempelancar Blueprint yang sudah kita konsep ini. Perlu diingat pula bahwa cluster iptek bertujuan untuk  meningkatkan produk, menghasilkan pelayanan dan iptek harus menghasilkan untuk kepentingan perlindungan (Produk Hankam)”, ujar Menegristek pada Rapat Blueprint Riset dan Pengembangan Produk Alat Peralatan Pertahanan dan Keamananan di Ruang Rapat Lt. 24 Gedung II BPPT, pada Senin, 30 Juli 2012. 

 

Sementara itu Deputi Bidang Relevansi dan Prdouktivitas Iptek, Teguh Rahardjo menyampaikan banyak dari gambar-gambar yang ada pada konsep Blueprint harus dipertimbangan, sebagai contoh gambar kemampuan saat ini untuk pesawat terbang, pendekatan yang digunakan joint riset atau joint production ???

 

“Karena tidak ada peneliti kita yang melakukan riset tentang Pesawat tempur. Dengan demikian untuk judul gambar-gambar arah pengembangan produk Alutsista, gambar hendaknya dikaitkan dengan Rencana MEF”, ujar Teguh Raharjo. 

 

Dirtenkind Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Agus Suyarso, mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan tidak pernah terlibat dalam pengembangan teknologi. Saat akan disenergikan mengalami kesulitan, maka dari itu diharapkan bisa disinergikan dengan KKIP. 

 

“Pengalaman yang ada diluar negeri seperti di Cina, Amerika memiliki R&D  tetapi bukan dari bagian dari bagian dari Ministry of Defence (Departemen Pertahanannya) melainkan di luar R&D tersebut yang menangani khusus R&D bidang peralatan pertahanan, sehingga Departemen Pertahanan dapat menggunakan peralatan R&D yang sudah ada” , kata Brigjen TNI, Agus Suyarso.  

 

Dalam rapat ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Riset Nasional, Andrianto Handojo, Staf Ahli Menteri Negara Riset dan Teknologi Bidang Pertahanan dan Keamanan, Hari Purwanto; Asisten Deputi Produktivitas Riset Iptek Strategis Kementerian Riset dan Teknologi, Goenawan Wybisana. (md/humasristek)



Kamis 25 September 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Senin 25 Agustus 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
Senin 25 Agustus 2014
Menteri Iptek ASEAN Bahas Kebijakan Iptek Tingkat Regional
Jumat 22 Agustus 2014
Kementerian Riset dan Teknologi Hadir di Kalsel Expo 2014
Jumat 22 Agustus 2014
Menristek Buka Pertemuan Komite Iptek ASEAN ke-68
Kamis 21 Agustus 2014
Penaganugerahan Gelar Perekaya Utama Kehormatan
Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Rabu 13 Agustus 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
[ Berita lainnya ]