Ristek Headline |
Jumat 24 Oktober 2014
 
 

thanks

IQE

Seleksi Calon Kepala LIPI
CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 21 Oktober 2014
Perpisahan Menristek : Kita Harus Bertransformasi Melakukan Perubahan

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 01 Agustus 2012
Iptek Voice : Beragam Workshop dan Talkshow Warnai Hakteknas ke 17
Print PDF Facebook Twitter Email

Ada enam rangkaian workshop dan talkshow yang nanti mewarnai peringatan Hakteknas ke 17 di Bandung, antara lain Workshop Sains Technopreneurship, Iptek Berbasis Nilai Etika dan Budaya, Energi Terbarukan, Teknologi Jembatan dan Terowongan, Iptek Untuk Hankam dan Workshop Informasi Geospasial.

Target peserta workshop ini terutama ditujukan untuk komunitas wirausaha, para mahasiswa, peneliti, pelaku industri, akademisi, satuan kerja pemerintah daerah (SKPD), dengan pembicara orang-orang yang kompeten dibidang masing-masing.

“Untuk workshop Sains Technopreneurship sendiri ada Bapak Heru Tanaya yang merupakan CEO perusahaan animasi Dreamlight, Pidi Supangkar CEO Desktop IT kemudian Ahmad Feriansyah yang bergerak mengembangkan inovasi gel sebagai pengganti spiritus,” jelas Erry Ricardo, Asisten Deputi Produktivitas Riset Iptek Industri Kementerian Ristek pada siaran Iptek Voice, 1 Agustus 2012.

Dalam workshop tersebut peserta yang hadir dapat belajar secara langsung bagaimana mereka mengembangkan usaha berbasis iptek. Technopreneur sendiri merupakan pilar ketika kita mengembangkan sistem inovasi berbasis teknologi. Erry mengatakan orang-orang yang bergerak dalam bidang teknologi untuk usaha itulah yang harus terus didorong.

Kemudian talkshow lainnya yaitu iptek untuk kemandirian hankam. Pembahasan talkshow meliputi bagaimana sebagai bangsa kita harus memiliki kemandirian dibidang hankam meliputi konsorsium roket, kapal perang dan radar serta teknologi lainnya yang dibutuhkan bangsa untuk melindungi tanah air. Khusus untuk talkshow ini pesertanya tidak terbuka untuk umum. Sementara kelima workshop lainnya terbuka untuk umum.

Talkshow Iptek Berbasis Nilai Etika dan Budaya, pembicara yang akan hadir adalah Arief Rachman, Nusa Ashari, Umar Anggara Jeni, sehingga kalangan mahasiswa bisa belajar menjadi generasi muda yang berinovasi dan berbudaya yang menjadi dasar pembentukan karakter.

Workshop energi terbarukan sendiri bertema bagaimana memperkuat kemandirian energi nasional.  Pembicara yang akan hadir adalah Syahrul Aiman dari LIPI, Enia Listyani Dewi dari BPPT, Mario Rival dari pihak industri, Hendrianto Supono dari Indonesia Power, dan lain-lain.

Sementara itu, workshop Teknologi Terowongan dan Jembatan ditujukan untuk meningkatkan kompetensi peserta dibidang teknologi ini. Seperti diketahui, pembangunan jembatan dan terowongan merupakan proyek besar dengan dana yang besar, karena itu komunitas iptek harus dapat mengambil peluang-peluang seperti ini. Pembicaranya antara lain Bambang Budiono dari ITB, Rahmadi dari MRT, Robert Sianipar dari Kementerian Perekonomian, Wilfred A Singkali PT Wika Beton.

Kemudian yang terakhir adalah workshop informasi geospasial dimana yang akan menjadi pembicaranya adalah Menteri Negara Riset dan Teknologi dan Kepala BIG.

Rangkaian kegiatan workshop ini akan diselenggarakan mulai 8-11 Agustus 2012 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat.

“Yang coba kita hadirkan dalam workshop dan talkshow ini ada tiga komponen mulai dari akademisi, government sendiri lalu kemudian dunia usahanya. Kita harapkan dengan interaksi itu dan juga masyarkat, titik temu antara pengembang teknologi yang difasilitasi pemerintah dan penggunanya dalam hal ini industri, bisa kita lihat disana. Sehingga pemanfaatan-pemanfaatan yang kita kembangkan bisa sampai ke sasarannya,”ujar Erry.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30-09.00 WIB di PRO 4, 92.8 FM .IPTEK VOICE "The Sound of Science". (bhh/aps/humasristek)



Selasa 21 Oktober 2014
Perpisahan Menristek : Kita Harus Bertransformasi Melakukan Perubahan
Senin 20 Oktober 2014
Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan dan Pengawasan Batubara di Indonesia
Kamis 16 Oktober 2014
Rapat Kerja PP-IPTEK 2014: Peran Strategis PP-IPTEK Dalam Mewujudkan SDM Iptek yang Berdaya Saing
Kamis 16 Oktober 2014
RISET-PRO Targetkan Cetak Doktor Handal
Kamis 16 Oktober 2014
Workshop Inkubasi Bisnis Teknologi
Rabu 15 Oktober 2014
Peluncuran Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019
Selasa 14 Oktober 2014
Kotabaru Dicanangkan sebagai Kawasan PKN
Senin 13 Oktober 2014
Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pengembangan Sel Punca dan Jaringan
Senin 13 Oktober 2014
PP-IPTEK Adakan Kontes Robot 2014
Senin 13 Oktober 2014
Soft Launching SIDa di Kabupaten Karanganyar
[ Berita lainnya ]