Ristek Headline |
Senin 03 Agustus 2015
 
 

hakteknas

open bidding es1
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Jumat 03 Juli 2015
DWP Menyambut Bulan Suci Ramadhan

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

surat

Ristek TV

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 14 September 2012
Peningkatan Kapasitas Pengelola Sentra HKI
Print PDF Facebook Twitter Email

Salah satu kendala yang ditemukan dalam pengembangan sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah minimnya kemampuan pengelola sentra HKI dalam pengelolaan HKI di lembaganya masing-masing. Sehingga perlu adanya pengembangan kapasitas (capacity building) secara konsisten dan berkesinambungan. 

 

Deputi Sumber Daya Iptek Kementerian Ristek, Freddy Permana Zen menyampaikan bahwa Kemenristek sangat berkepentingan dalam memajukan sentra HKI karena terkait dengan Kontrak Kinerja Menegristek dengan Presiden RI di awal pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu II, yaitu Fasilitasi Proses Perolehan Hak Paten dan Kepemilikan HKI Produk Teknologi dan Produk Kreatif. 

 

Menurut Freddy saat ditemui dalam acara pembukaan Rapat Evaluasi Dan Pelatihan Drafting Paten di Jakarta 12-14 September 2012 , penyelenggaraan kegiatan ini harus dilihat sebagai bentuk perhatian dan komitmen tinggi pemerintah, dalam hal ini Kemenristek terhadap masalah HKI yang dalam penerapannya senantiasa memperhatikan berbagai kebijakan strategis nasional seperti  Masterplan Percepatan Program Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pengembangan program Sistem Inovasi Nasional (SIN) dan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal HKI, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam sambutannya yang disampaikan oleh Direktur Paten Corrie Naryati, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. 

 

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu bukti dukungan yang nyata dalam mewujudkan kepedulian terhadap keberadaan kekayaan intelektual sebagai aset bangsa dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi nasional. 

 

Dalam konteks ini, upaya peningkatan jumlah paten untuk pemohon dalam negeri, khususnya dari lembaga litbang dan perguruan tinggi juga dibarengi dengan peningkatkan komersialisasinya. 

 

Sementara itu, Asdep Kekayaan Intelektual dan Standardisasi Iptek Kemenristek,  Alvini Pranoto melaporkan bahwa acara ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan (inherent) dengan program Insentif HKI yang difasilitasi oleh Kemenristek. 

“Sejak tahun 2010, Kemenristek  telah memfasilitasi 37 Sentra HKI dengan rincian 24 pembentukan sentra HKI baru dan 13 penguatan sentra HKI. Selain itu,  telah difasilitasi 42 pendaftaran HKI dengan rincian 39 paten dan 3 Perlindungan Varietas Tanaman (PVT),”ujar Alvini. 

 

Acara Rapat Evaluasi Dan Pelatihan Drafting Paten diikuti oleh sekitar 57 peserta yang berasal 37  sentra HKI dari perguruan tinggi dan lembaga libtang di seluruh Indoneisa. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber berasal dari Ditjen HKI Kemenhumkan dan Kemenristek. 

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dan perluasan jejaring bagi pengelola sentra HKI, sehingga dapat meningkatkan perannya dalam mendukung kinerja lembaga dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian masyarakat. (ds/ad-5/dep-2/md/humasristek)



Rabu 29 Juli 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Riau
Rabu 29 Juli 2015
Menristekditi: Mahasiswa Harus Menjadi Agen of Change
Rabu 22 Juli 2015
Kemenristekdikti Gelar Halal Bihalal Usai Ramadhan 1436 H.
Rabu 08 Juli 2015
Rapat Pra Rakornas Tahap ke- 2
Minggu 05 Juli 2015
Menristekdikti Kunjungi Universitas Muria Kudus
Jumat 03 Juli 2015
Buka Bersama Kemenristekdikti
Jumat 03 Juli 2015
Menristekdikti Terima Kunjungan Duta Besar Jerman
Rabu 01 Juli 2015
Pelantikan Dirjen di Kemenristekdikti
Minggu 28 Juni 2015
Menristekdikti Kunjungi UNTAD
Rabu 17 Juni 2015
Sosialisasi Inkubasi Bisnis Teknologi di Yogyakarta
[ Berita lainnya ]