Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 54, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar Student Entrepreneurship Expo dan kompetisi kewirausahaan mahasiswa tingkat nasional di depan halaman Gedung Dekanat FMIPA, Rabu-Kamis (20-21/3).

Saat membuka acara Wakil Rektor bidang Kemasiswaam UNNES Dr Abdurrahman MPd, “expo dan kompetisi kewirausahaan mahasiswa ini sebagai bukti bahwa pembelajaran di laboratorium yang inovatif, telah berperan nyata dalam menyiapkan calon lulusan perguruan tinggi yang mandiri melalui kewirausahaan berbasis laboratorium”, tuturnya,

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana menciptakan wirausahawan muda baru di perguruan tinggi yang mengembangkan STEM (Science, Technology, Engineering andMathematics). Aktivitas pembelajaran di laboratorium menghasilkan produk kewirausahaan yang tersaji di stand-stand mahasiswa seperti makanan produk fermentasi, jasa pengembangan robot sebagai produk pembelajaran di laboratorium teknologi informasi, dan budidaya tanaman hias.

Student Entrepreneurship Expo ini diikuti oleh 162 peserta dari tiga belas perguruan tinggi yang mencakup tiga kategori yaitu makanan dan minuman, jasa dan pedagangan serta produksi dan budidaya. Dari masing-masing kategori terpilihlah tiga juara yang berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Juara pertama kategori makanan dan minuman dimenangkan oleh Yeni Rizki Istiqomah dari Universitas Negeri Surabaya, disusul Rifdah Hasanah dari Universitas Negeri Jakarta, dan tempat ketiga diraih oleh Jenny Ayu Rahmawati dari UNNES.

Untuk kategori Jasa dan Perdagangan, UNNES menempati peringkat satu dan dua yang diwakili oleh Joko Adi Saputro dan Rizki Danang Kartika. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Ainun Anisa Akbar dari Universitas Negeri Makassar.

Kategori Produksi dan Budaya membawa I Dewa Gede Tresna dari Universitas Pendidikan Ganesha Bali meraih peringkat pertama. Juara kedua ditempati oleh Yani Alfina dari UNNES dan juara ketiga diraih Immega Adela Nurdin dari Universitas Islam Malang. Sementara itu kategori stand terfavorit jatuh kepada Khoriatun Wakidah dari UNNES.

Hadir membuka acara Ismet Yusputra selaku Kasubdit Kesejahteraan dan KewirausahaanMahasiswa Belmawa Kemristekdikti bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dekan FMIPA UNNES, dan Wakil Dekan dari Universitas Pendidikan Ghanesa, Bali.

Please follow and like us:
0