Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (AB Polnep) meraih prestasi nasional dalam Business Administration Competition (BAC) V di Politeknik Negeri Ambon, 5-8 November 2018. Valian Digma dari Prodi D4 Administrasi Negera meraih Juara 1 bidang lomba Typing Speed (Kecepatan Mengetik), disusul Juara Harapan 3 pada bidang sama oleh Widad Khalifi, Prodi D3 Administrasi Bisnis. Juga, Yola dari prodi D3 Administrasi Bisnis meraih Juara Harapan 3 bidang lomba Filling.

Tentu selaku pimpinan, saya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi mahasiswa Polnep di even nasional. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa kami sudah mampu berkompetesisi dari sisi keilmuan dan praktikal di nasional. Polnep sudah masuk peringkat nasional kategori 1, wajar saja mahasiswa kami meraih prestasi dari berbagai even nasional, baik akademik maupun olahraga dan seni,” jelas Ir HM Toasin Asha MSi, Direktur Polnep, ditemui di ruangannya kemarin (12/11).

Atas prestasi tersebut, Polnep mengganjar Juara 1 atau peraih emas baik di bidang olahraga seni maupun keilmuan dan oleh lembaga mahasiswa prestasi  dibebaskan SPP satu semester. Baru jaman ini kami lakukan seperti ini. Lalu untuk Juara 2-3 dan harapan, tetap saya kasih bonus, termasuk dosen pembimbingnya. Ini sebagai apresiasi dan motivasi agar dapat meningkatkan prestasinya di masa akan datang,” katanya.

Toasin bersyukur dalam kurun dua tahun terakhir prestasi mahasiswa Polnep di bidang akademik maupun olahraga seni semakin baik. Hal tersebut sebagai indikator proses pembelajaran di kampus semakin lebih bagus dan terfasilitasi dengan baik.  Ini menujukkan kualitas proses pembelajaran dan fasilitas yang diberikan pada mahasiswa untuk mengembangkan bakat, minat dan hobinya. Kami syukuri semua ini,” ujarnya.

Dr Dedi Herdiansyah SE MSi, Ketua Jurusan Administrasi Polnep menyampaikan, BAC merupakan even tahunan rutin dari Forum Ketua Jurusan Administrasi Bisnis/Niaga Politeknik se-Indonesia.  Kami mulai ikut partisipasi di BAC III pada 2016. Pada BAC IV di Padang tahun 2017, kami baru meraih Juara Harapan 1 bidang lomba Master of Ceremony/MC. Alhamdulillah pada BAC V ini mahasiswa kami berhasil meraih Juara 1 dan dua Harapan 3,” katanya.

Menurutnya, prestasi yang diraih tak lepas dari doa dan dukungan berbagai pihak. Kami berterimakasih kepada Kemenristek Dikti, Direktur Polnep, dosen dan staf Jurusan AB, serta seluruh civitas akademika Polnep,” ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada Pemkab dan Pemkot se-Kalbar, terutama instansi tempat mahasiswa/i kami praktik lapangan, karena sudah memberikan izin. “Tiga mahasiswa yang ikut lomba sebenarnya sedang PL sebagai bagian program perkualiahan Prodi D4 Administrasi Negara,” katanya.

Ia berharap, kedepan AB Polnep bisa lebih berperan serta aktif dalam berbagai lomba, guna memberikan citra positif bagi jurusan dan lembaga. Harapan kami ke depan, AB Polnep menjadi jurusan terbaik dan terpercaya bagi seluruh stakeholder baik lokal, nasional, maupun internasional,” tutupnya.