Tim Karate UGM kembali berhasil meraih medali dalam Kejuaraan Karate Antarmahasiswa se-Asia Tenggara : Sebelas Maret Cup XI pada 8-10 Maret lalu di GOR Sritex Arena, Solo. Dalam kompetisi yang digelar untuk memeriahkan Dies Natalis UNS ke-43 ini, mereka mendapat raihan total 3 medali dengan masing-masing satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Salah satu peraih medali perunggu dalam kategori Kata Beregu, Oshi Zulfa Saniya, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih timnya ini. “Kemenangan ini merupakan salah satu pembuktian kami sebagai sebagai salah satu atlet karate asal UGM,” sebut mahasiswi Gizi Kesehatan ’17 ini, Senin (25/3).

Hal tersebut Oshi ungkapkan atas rasa puasnya karena bisa berkompetisi dalam kejuaraan karate dengan menyandang nama UGM. Pasalnya, setahun pertama ketika mulai berkuliah di UGM, ia sama sekali tidak bisa mengikuti kompetisi antarmahasiswa apapun dengan nama UGM. “Waktu itu saya hanya bisa berkompetisi mewakili daerah asal saya saja, yakni Temanggung,” ungkapnya.

Aliran karate yang dianut oleh UKM di UGM juga berfokus pada beladiri sehingga ia memilih tidak berpartisipasi dalam perlombaan. Selain itu, kala itu ia juga kekurangan orang yang sealiran dengannya untuk bisa mengikuti kompetisi secara pribadi. “Akhirnya selama setahun saya tidak mengikuti kompetisi apapun,” ujarnya.

Kemudian, saat tahun ajaran 2018/2019 dimulai, Oshi berinisiatif untuk mencari mahasiswa angkatan 2018 yang juga sealiran dengannya. Alhasil, ia berhasil mengumpulkan massa yang cukup untuk bisa berpartisipasi dalam kompetisi.

Sejak saat itu hingga sekarang, Oshi bersama timnya tersebut telah mengikuti tiga kompetisi karate antarmahasiswa, yakni Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah DIY 2018, Kejuaraan Nasional Karate Sunan Kalijaga Cup XI 2019, dan Sebelas Maret Cup XI . Hasilnya pun memuaskan, dalam setiap kompetisi mereka berhasil membawa pulang medali kemenangan, termasuk gelar juara umum pada kompetisi Sunan Kalijaga Cup XI 2019.

Atas pencapaiannya tersebut, Oshi bersyukur bisa mengharumkan nama UGM dengan olahraga yang ditekuninya sejak kecil tersebut. Dengan itu juga, ia bisa membuktikan prestasi dari bidang yang membawanya diterima oleh UGM. (Humas UGM/Hakam)

Sumber berita: https://www.ugm.ac.id/id/berita/17781-tim.karate.ugm.kembali.mengharumkan.almamater