Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 292/SP/HM/BKKP/XII/2019

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan Business Innovation Gathering (BIG) 2019 adalah ajang promosi dan penyebaran informasi berbagai hasil produk inovatif antara lembaga riset dan industri serta sarana strategis bagi industri inovatif mendapatkan investor, menambah jejaring bisnis, menggali kerjasama, serta kontrak bisnis baru dengan berbagai mitra usaha di era revolusi industri yang memunculkan banyak ketidakpastian sekaligus peluang.

“Revolusi Industri menjadi titik awal perkembangan teknologi. Kondisi global di era saat ini dimana digitalisasi dan disrupsi memunculkan sebuah dunia baru yang penuh ketidak pastian,” ujar Bambang saat menjadi pembicara pada acara pembukaan Business Innovation Award (BIG) 2019 di LIPI Grand Ball Room, Jalan Gatot Soebroto Jakarta Selatan pada Kamis (19/12).

Lebih lanjut Bambang mengatakan era disrupsi dan digitalisasi memberikan manfaat yang cukup besar. Digitalisasi dan automatisasi akan mengurangi tenaga kerja yang selama ini dibutuhkan akan tetapi juga akan memunculkan lapangan pekerjaan yang belum pernah ada sebelumnya.

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam Forum Business Innovation Gathering (BIG) 2019 ini Kemenristek/BRIN akan mengendetifikasikan apa yang menjadi perbedaaan inovasi dari sisi penelitian dan kebutuhan komersial dari dunia usaha.

Bambang mengungkapkan pemerintah harus mendorong terjadinya kolaborasi antara pemerintah, bisnis dan akademisi. Dari Kolaborasi ini diharapkan muncul semangat saling menguatkan. Resources sharing diharapkan menjadi sebuah strategi untuk mengatasi keterbatasan sumber daya dan minimnya investasi terkait iptek.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Deputi Penguatan Inovasi Jumain Appe mengatakan kegiatan Forum Business Innovation Gathering (BIG) 2019 ini dihadiri sekitar 300 peserta, baik dari lemlitbang, perguruan tinggi, dan industri.

“BIG 2019 menjadi ajang publikasi kita bahwa sudah banyak upaya yang kita lakukan dalam rangka meningkatkan hilirisasi riset dan Inovasi,” ungkap Plt. Deputi Penguatan Inovasi Jumain Appe.

Peserta yang mengikuti Forum Business Innovation Gathering (BIG) 2019 salah satunya :

  1. PT. Tesena Inovindo
  2. Universitas Khairun Ternate
  3. Bappelitbangda Kabupaten Halmahera Selatan
  4. Puslitbang Stem Cell
  5. Qonita Production
  6. CV. Allisha Foods
  7. PT. Ecodoe Widya
    Candia Internasional
  8. Universitas Airlangga
  9. Minyak Atsiri Pala Halsel
  10. PT. Zhafirah Samudra Nusantara
  11. SPD Speedometer
  12. Putrimas Collection
  13. PT. Neo Agrinatura Indonesia
  14. Universitas Lambung Mangkurat
  15. PT. Xirka Silicon Technology
  16. AIMK Bintan STICOL
    Clarias
  17. PT. Sugeng Jaya Group
  18. PT. Juragan Kapal Indonesia
  19. CV. Galang Samudra Jaya
  20. PT. Carmelitha Lestari
  21. PT. Dayamix Bumi Indonesia
  22. CV. Karya Mandiri Diponegoro
  23. Inkubator Bisnis LPPN UNY
  24. PT. SyarQ Solusi Indonesia
  25. PT. Enrol
  26. PT. BETA
  27. PT. Precision Agriculture Indonesia
  28. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  29. CV. Agro Gemilang Indonesia
  30. Universitas Muhammadiyah Malang
  31. CV. Melzie Marine Mandiri
  32. PT Powertech Nano Industri
  33. Pusat Teknologi Farmasi dan Medika – BPPT
  34. Pusat Inovasi Teknologi dan Bisnis UNPAS
  35. PT. Yeda Presisi Engineering Rencanamu

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemenristek/BRIN Hari Purwanto, Staf Ahli Bidang Akademik Kemenristek/BRIN Paulina Pannen, Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Ali Ghufron Mufti, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Kepala BPPT Hammam Riza, Wakil Ketua Kadin Ilham Habibie, serta tamu lainnya.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemristek/BRIN