Siaran Pers Kemenristekdikti

No : 41/SP/HM/BKKP/II/2019

 

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menghadiri pagelaran *Festival Sarung Indonesia 2019* yang digelar di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/3).

Menristekdikti bersama beberapa menteri kabinet kerja lainnya terlihat mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau booth di acara Festival Sarung Indonesia 2019.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan dengan digelarnya Festival Sarung Indonesia diharapkan dapat mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya para UKM perajin sarung di Indonesia.

“Dengan adanya kekuatan ekonomi lokal kita dapat meningkatkan ekonomi rakyat, apabila ekonomi rakyat meningkat maka kesejahteran ekonomi semakin baik,” ujarnya.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengapresiasi keragaman sarung yang dimiliki bangsa Indonesia, ia mengungkapkan sarung merupakan salah satu kekayaan Indonesia dalam hal budaya. Oleh sebab itu Jokowi mengajak masyarakat untuk mengenakan sarung, minimal sebulan sekali.

“Ini adalah kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain. Oleh sebab itu saya ingin mengajak masyarakat nantinya setiap hari tertentu dalam satu bulan kita memakai sarung bersama-sama, bisa seminggu sekali, bisa dua minggu sekali, bisa sebulan sekali. Kita lihat nanti, ”ucapnya.

Selanjutnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa sarung merupakan warisan budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, dan sudah semestinya generasi bangsa melesatrikan sarung serta mentransformasikan menjadi gaya hidup generasi penerus bangsa. Kekayaan budaya yang terdapat dalam sarung ini, menurut Presiden, harus ditempatkan pada tempat yang paling baik.

“Hal ini merupakan bentuk penghargaan kita atas karya dan produksi sarung dari setiap provinsi yang memiliki keragaman corak, motif, dan warna, serta memiliki filosofi yang tinggi. Baik berupa tenun, songket, batik dan jenis lainnya dari seluruh nusantara, sesuai dengan tema kegiatan ini sarung bukan hanya sebagai identitas budaya, namun juga pemersatu bangsa,” terangnya.

Selain Menristekdikti, pada acara ini Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Lukman Hakim, Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Turut hadir dari jajaran Kemenristekdikti dan L2Dikti Wilayah 3 adalah Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, sejumlah mahasiswa dan mahasiswi dari Perguruan Tinggi se-Jabodetabek, antara lain:

1. Unkris
2. Ipwija
3. Univ ersitas. Al-Azhar
4. Akbid Kartini Jakarta
5. Polimedia Kreatif
6. Akademi Sekretaris Don Bosco
7. Uhamka
8. Bhayangkara
9. Universitas Terbuka
10. Universitas Esa Unggul
11. UKI
12. Universitas Pancasila
13. Universitas Atmajaya
14. Universitas Gunadarma
15. Akper Polri
16. Akademi Kesehatan Gigi Puskesad
17. Akper Pelni
18. Akademi Sekretaris Budi Luhur
19. Akper Cikini
20. Tim Lldikti 3 jakarta

 

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publikasi
Kemenristekdikti

 

Instagram: @Ristekdikti
Twitter: @Kemristekdikti
Facebook: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
YouTube: Ristekdikti TV
Website: https://ristekdikti.go.id

Please follow and like us:
16