SIARAN PERS
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI/BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor: 52/SP/HM/BKKP/IV/2020

Tangerang Selatan – Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) terus mendukung penanggulangan Covid-19. Konsorsium ini berfokus pada riset dan inovasi sediaan bahan (ekstrak empon-empon, jambu biji, kulit jeruk), litbang vaksin, suplemen, alat pelindung diri (face shield, powered air purifying respirator, hazmat suit berbahan nanosilver), hand sanitizer, chamber disinfectant berbasis ozon, mobile hand washer, multicenter clinical trial (Avigan, Chloroquine Phospate, Tamiflu, Ivemercitin, Convalescene, dan pil kina), serum plasma darah dari kasus sembuh, Mysencheme stem cell, early and late detection rapid test, dan portable ventilator.

Kini Konsorsium Covid-19 Kemenristek/BRIN juga turut mendukung penanggulangan Pandemi Covid-19 dengan memberi apresiasi kepada pahlawan medis yang merawat pesien Covid-19. Kemenristek/BRIN menyediakan fasilitas Wisma Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Wisma Puspiptek bagi para tenaga medis yang berperan menanggulangi Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyambut kedatangan Tim Medis Penanggulangan Covid-19 Kota Tangerang Selatan di Wisma Tamu Puspiptek melalui telekonferensi pada Kamis (23/4). Dalam arahannya, Menristek/Kepala BRIN berharap fasilitas Wisma Puspiptek bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman dari segi tempat maupun penyediaan kebutuhan dasar makan minum dengan gizi baik untuk pemulihan tenaga para tenaga medis di Tangerang Selatan, karena faktor kesehatan dan kebugaran para tenaga kesehatan akan sangat penting dalam penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Akhirnya upaya kami untuk sedikit bisa membantu Bapak Ibu dalan rangka menangani Covid-19 di Tangerang Selatan bisa terealisir, yaitu dipergunakannya Wisma Tamu Puspiptek untuk rumah singgah bagi tenaga medis dari Tangerang Selatan selama masa penanganan Covid-19,” ungkap Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyambut kedatangan Tim Medis Penanggulangan Covid-19 Kota Tangerang Selatan di Wisma Tamu Puspiptek melalui telekonferensi pada Kamis (23/4).

Wisma Puspiptek yang berada di Serpong, Tangerang Selatan ini menyediakan 93 kamar tidur tipe deluxe dan superior sebagai tempat peristirahatan yang dapat digunakan 24 jam bagi para tenaga medis dari rumah sakit yang ditunjuk Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk menangani Covid-19. Konsumsi dan alat penunjang dekontaminasi virus juga disediakan bagi sekitar 185 tenaga medis tersebut. Semua fasilitas ini dapat dimanfaatkan para tenaga medis selama masa tanggap darurat berlangsung.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany bersama Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Sri Setiawati turut meninjau dan menerima perwakilan para tenaga medis Covid-19 Tangerang Selatan. Alih fungsi fasilitas Wisma Puspiptek sebagai tempat peristirahatan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu bagian dari program Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan merespon secara cepat Covid-19.

“Alhamdulillah dengan adanya Wisma Puspiptek dijadikan rumah singgah bagi para tenaga medis menjadi salah satu solusi tentu bagi kami Pemerintah Kota untuk para tenaga medis dapat beristirahat, diam di sini sebelum bertemu sanak famili dan tentunya sebelum bekerja kembali. Saya ucakan terima kasih kembali, Pak Menteri. Bahkan bisa sampai Mei. Ibu Bapak perlu tahu bahwa di sini gratia, tidak perlu bayar sama sekali, bahkan makan minumnya dibayari Pak Menteri,” ungkap Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany saat Tim Medis Penanggulangan Covid-19 Kota Tangerang Selatan.

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
dan
Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kemenristek/BRIN