Nomor: 25/SP/HM/BKKP/II/2020

akarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro melantik Ir. Kemal Prihatman, M.Eng. sebagai Kepala Biro Keuangan dan Umum Kemenristek/BRIN yang baru. Menteri Bambang mengungkapkan pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan karena perubahan nomenklatur organisasi Kemenristek/BRIN.

“Kita baru saja menyaksikan pelantikan Pak Kemal Prihatman sebagai Kepala Biro Keuangan dan Umum dari Kemenristek/BRIN. Tentunya seperti Bapak dan Ibu ketahui, bahwa pejabat sebelumnya Bapak Wiwin Darmina sudah berpindah ke Kemendikbud,” ungkap Menristek/Kepala BRIN saat memberikan arahan setelah pelantikan di Ruang Komisi Utama, Gedung II BPPT Lantai 3 pada Senin (10/2).

Menristek/Kepala BRIN menyampaikan agar Kepala Biro Keuangan dan Umum yang baru segera memahami tugas dan tanggung jawabnya terutama terkait audit laporan keuangan tahun 2019 dan pencairan anggaran 2020 segera digulirkan sehingga tidak menganggu aktivitas di Kementerian, sesuai dengan arahan Presiden RI.

“Saya harapkan proses aktivitas/ penggunaan anggaran juga segera digulirkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang memberikan arahan kepada para Menteri di beberapa sidang kabinet yang lalu. Belanja Pemerintah, termasuk belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) harus segera bergulir sejak bulan Januari 2020, terutama untuk mengantisipasi jika ada potensi pelemahan ekonomi dunia sebagai akibat dari dampak virus corona,” ungkap Menristek/KaBRIN.

Menteri Bambang juga mengingatkan untuk konsisten dalam menjaga kualitas laporan keuangan Kementerian, sehingga tetap mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

“Saya harapkan Bapak Kemal sebagai Kepala Biro Keuangan dan Umum, tolong benar-benar dijaga laporan keuangannya. Saya tahu tentunya tidak mudah berhadapan dengan perubahan organisasi, baik pemindahan maupun penyatuan organisasi. Sehingga diharapkan dengan persiapan lebih baik, Kemenristek/BRIN dapat menciptakan preseden positif baru, yaitu meskipun ada perubahan organisasi, tetapi secara kualitas laporan Kementerian tetap terjaga dan In Syaa Allah tetap bisa berstatus WTP,” harap Menristek/Ka.BRIN.

Diakhir sambutan diharapkan Bapak Kemal Prihatman mampu mengedepankan kerja sama yang baik dengan timnya, terutama dengan segenap eselon dua di lingkungan Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional demi mewujudkan pelayanan prima dan status WTP.

Pelantikan disaksikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Ari Hendrarto Saleh dan Plt. Sesmen Erry Ricardo Nurzal yang bertindak sebagai saksi, serta dihadiri seluruh Plt Pejabat Eselon 1, Pejabat Eselon II dan beberapa Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional.